Keuntungan Penggunaan Batu Bata Merah Tanpa Pembakaran

Keuntungan Penggunaan Batu Bata Merah Tanpa Pembakaran

Gambar Batu Bata Tanpa Pembakaran
Batu bata merah merupakan salah satu bahan utama yang digunakan untuk dapat membuat dinding rumah. Material bangunan ini terbuat dari tanah liat ini dicampur dengan menggunakan bahan yang lainnya lalu dicetak, dikeringkan dan dibakar hingga batu bata merah tersebut berubah menjadi keras dan berwarna hingga kemerah-merahan. Akan tetapi saat ini sudah ada batu bata merah tanpa pembakaran yang dapat menjadi pilihan material bangunan Anda.

Batu bata yang diproses atau dibuat tanpa pembakaran membutuhkan campuran lainnya. Bahan campuran yang dapat membuat batu bata merah mengeras tanpa proses pembakaran adalah alkali. Alkali berfungsi untuk membuat agar pH tanah menjadi tidak terlalu asam. Selain itu, pasir juga menjadi salah satu bahan utama untuk membuat batu bata merah untuk membuat agar batu bata yang dibuat tersebut tidak retak dan melengkung.

Keunggulan dari batu bata yang dibuat tanpa proses pembakaran yaitu:

Lebih ramah terhadap lingkungan. Hal tersebut disebabkan dalam pembuatan batu bata ini tanpa proses pembakaran sehingga tidak menyebabkan pencemaran udara.
Waktu pembuatannya menjadi lebih singkat. Pembakaran dilakukan setelah pengeringan batu bata dan jika dilakukan tanpa pembakaran maka batu bata akan mengeras seiring dengan proses pengeringan tersebut dan lebih cepat untuk digunakan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat per 1 m3 batu bata merah tanpa pembakaran dan cara pembuatan, yaitu:

Bahan:
  • 150 kg semen.
  • 450 kg pasir halus.
  • 900 kg tanah merah.
  • 2 kg alkali bata merah yang kemudian dilarutkan dalam 50 liter air.

Cara:
  • Campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga merata kecuali larutan alkali. Pastikan terlebih dahulu semua bahan yang dicampurkan dalam kondisi yang kering.
  • Masukkan ke dalam mixer crusher.
  • Tambahkan larutan alkali yang sesuai dengan keperluan Anda. Larutan ini memiliki manfaat untuk melembabkan adukan agar dapat menyatu.
  • Siapkan alat pres dan masukkan adonan batu bata merah tersebut.
  • Diamkan kurang lebih 3 jam.
  • Setelah 3 jam, siram air tanpa tekanan lalu tutupi dengan menggunakan plastik.
  • Setelah kering, batu bata siap digunakan.

Batu bata tersebut harus disimpan ke dalam tempat yang kering sehingga kekuatan dan kerapatannya akan dapat terjaga dengan baik. Selain dengan menggunakan alkali batu bata, menurut Primayatma (1993) batu bata yang dibuat tanpa proses pembakaran dengan menggunakan bahan perekat semen memiliki kekuatan tekan kurang lebih 28 kg/cm2. Komposisi yang digunakan adalah tanah liat 60%, agregat 20% dari pasir : abu gosok : serbuk paras dengan perbandingan 1:1:1, lalu semen 20%. Material yang digunakan haruslah dalam kondisi kering dan jika basah, misalnya karena disimpan dalam ruangan yang lembab, maka harus dikeringkan terlebih dahulu.

Tingkat kekuatan batu bata merah tanpa pembakaran tidak jauh berbeda dengan batu bata merah yang dibuat dengan proses pembakaran. Sebelum membeli batu bata, maka Anda harus memperhitungkan berapa banyak batu bata yang akan digunakan. Setelah yakin, Anda dapat memesannya di Materindo. Di tempat Kami yang berada di kabupaten Kediri tepatnya di Jl. Raya Joho, Dsn. Pandehan, Ds. Joho, Rt/RW. 005/001, kecamatan wates menawarkan berbagai material bangunan yang berkualitas yang dapat Anda gunakan untuk membangun rumah impian Anda. Dengan harga yang bersaing, Kami tidak hanya menyediakan batu bata namun juga menyediakan pasir Blitar, batu koral, batu gebal dan jasa urug tanah. Jadi, hubungi kami di 085755591803 untuk material bangunan yang berkualitas!



Hasil Pencarian :
kekurangan bata merah tanpa bakar, pembakaran bata merah modern, alkali bata merah tanpa bakar, bahan baku bata merah tanpa bakar, pembakaran bata merah dengan gas, pengeras bata merah tanpa bakar, cara pembuatan alkali bata merah, resep membuat bata merah.

Related Works